Wednesday, March 13, 2013

Home » , , , » Cara Menambah atau Mengganti RAM pada Laptop

Cara Menambah atau Mengganti RAM pada Laptop

Salam Sobat Pustaka IPTEKKES. Kali ini saya ingin bercerita sedikit pengalaman saya tentang Cara Menambah atau MenggantiRAM pada Laptop. Karena beberapa hari yang lalu saya baru saja mengganti atau lebih tepatnya menambah kapasitas RAM laptop saya. Ya hanya sekedar ingin mendapatkan layanan dan fasilitas yang lebih cepat dari laptop saya.


OK langsung saja tanpa basa-basi lagi, cekidot...

RAM (Random Access Memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang (Wikipedia). Meningkatkan jumlah RAM membuat daya komputasi komputer lebih kuat. Komputer dapat menjalankan program yang kompleks dan bekerja dengan berkas berukuran besar.



Sebelum ingin mengganti atau menambahkan jumlah RAM dengan memory yang sudah ada. Ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan, diantaranya sebagai berikut :
1. Tentang maksimal memori yang bisa digunakan atau dibaca. Artinya berapa maksimal PC/laptop kamu bisa membaca Memory RAM. Jika maksimal terbaca hanya 8 GB, maka kalau anda pasang RAM 16 GB pun yang terbaca / terpakai ya hanya 8 GB.
2. Tipe memori yang mendukung processor. Maksud dari poin kedua adalah kecepatan maksimal dari RAM yang ditentukan adalah DDR1, DDR2, atau DDR3. Nah terus bagaimana kita tahu kecepatan RAM berapa? Itu yang harus kita tahu dulu. Dalam pasaran RAM yang sudah di edarkan, kita akan menjumpai beragam tipe RAM DDR3 yaitu PC8500, PC10600, PC12800, PC15000. Berikut daftar spesifikasi RAM :
Mudahnya, beli RAM baru beda merk tidak apa-apa tapi dengan tipe yang sama. otomatis RAM yang baru juga mempunyai kecepatan yang sama...
3. Serta dukungan channel pada processor kita. Untuk masalah ini, komputer kamu bisa membaca RAM Single Channel, Dual Channel, atau Tripple Channel. Kalau cuma satu, hanya bisa di ganti yang lebih besar.

Catatan :
Sering kali ada pertanyaan “apakah bisa kita menambahkan RAM dengan kapasitas yang berbeda pada kedua slot, misal slot 1 dipasang 1 Gb dan slot 2 dipasang 2 Gb.?” Jawabanya adalah sangat bisa, asalkan RAM yang baru / yang ditambahkan memiliki tipe, seri dan Bandwidth yang sama dengan RAM yang lama. Seperti yang disebutkan sebelumnya. Kenapa? Karena laptop saya juga beda ukuran RAM-nya. Ini buktinya :


Nah, jika syarat-syarat diatas sudah kamu pahami dan dapat kamu penuhi, maka langkah selanjutnya adalah memulai mengganti atau menambah RAM. Tentunya sesuai dengan batas maksimum besar memory yang bisa tertanam. Percuma kan pasang yang besar-besar tapi memory yang terpakai (Memory Usage) hanya sebagian saja.
Langsung saja, berikut langkah-langkahnya :
1. Cabut semua aliran listrik yang masih mengalir ke laptop termasuk lepas baterai laptop...
2. Buka penutup RAM pada bagian bawah laptop tepatnya disamping tempat baterai. (setiap laptop memiliki tempat yang berbeda-beda).
3. Jika sudah terbuka, maka akan terlihat ada 1 keping RAM bawaan laptop yang terpasang pada slot.
4. Selanjutnya tinggal pasang RAM yang ingin ditambahkan atau diganti...

5. Setelah terpasang, silakan tutup kembali RAM seperti semula. Dan tinggal nyalakan laptop seperti biasa, karena penambahan atau penggantian RAM tidak perlu instalasi apapun. Lihat hasilnya...
6. RAM yang semula hanya 1 GB telah bertambah menjadi 3 GB..


Demikian informasi yang bisa saya samapikan tentang Cara Menambah atau Mengganti RAM pada Laptop. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.... Good Luck….

Ditulis Oleh : Unknown | Pustaka IPTEKKES

Dian Widanarta Anda sedang membaca artikel tentang Cara Menambah atau Mengganti RAM pada Laptop. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat link dibawah ini sebagai sumbernya : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya. Assalamu 'alaikum Warahmatullah.

166 comments:

  1. Mantap infonya, bagus. Detil...sekarang saya sudah paham

    ReplyDelete
  2. thx postingannya akhirnya dapat pencerahan, mau upgrade ram nih. :)

    ReplyDelete
  3. saya banyak mengerjakan excel dengan banyak menggunakan fungsi2 rumus di dalamnya dan dengan data dimana jumlah baris yang mencapai >700rb. Tanpa memperhatikan faktor harga, Manakah yg lebih baik i7 4Gb atau i5 8Gb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. i5 8Gb bro, 15 n 17 kinerja ny kurang ebih sama, tp klo 4Gb n 8Gb kinerja ny agak jauh.. Mengerti gk mksud ane??
      Hehe

      Delete
    2. menurut saya i7 4Gb. karena kalau dari segi prosesor matherboard baik utk PC maupun Laptop itu harganya lebih mahal dari RAM. dan penggantian prosesor juga lebih sulit dari pada hanya sekedar menambah RAM. jadi jika bisa beli speck yang lebih tinggi, sebaiknya beli yang i7, masalah RAM bisa ditambahkan dengan membeli sendiri...

      Delete
  4. Thanks bget infonya gan,,
    udah lama dicari-cari nih,,.. akhirnya nemu juga ,..
    MANTAP.....

    ReplyDelete
  5. Bro cra cari tau point ke 3 gmna ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah terbuka penutupnya, maka akan terlihat RAM nya. biasanya hanya terdapat 1 keping RAM bawaan pabrik...

      Delete
  6. Mantap dah bos, wlw ane masih newbe tapi paparan diatas detil sekali jadi bisa di pahami, waktu SMA jadi penulis hebat ya? hehehehe maju terus om....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap juga gan, ane juga proses belajar... hehehe

      Delete
  7. gan, ane mau tnya laptop ane ram nya 2gb tapi kok yg terinstall cuma 1,6gb yaa? ditunggu jawaban nya gan . syukron

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bisa banyak penyebabnya gan. biasanya terjadi karena karena Hardware di komputer anda tidak support untuk jumlah RAM yang labih besar lagi, FSB (Front Side Bus) prosessor tidak support dengan FSB RAM. tetapi masih ada kemungkinan lain juga yang bisa terjadi. berikut penjelasan lengkap nya : ilmukomputerofficial.blogspot.com/2012/10/kapasitas-ram-tidak-terdeteksi-secara.html

      Delete
  8. mas. ram gua kan bawaan 4GB. merek samsung. sekali gua cek di CPU-Z ternyata sudah terpakai 2 slot (2GB+2GB). kalau mau nambah 4gb bisa nggak, apakah harus sama merek samsung juga ramnya. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa gan. soalnya gak ada RAM 6gb. bisanya ngorbanin salah satu slot utk diganti RAM 4gb atau 8gb.

      Delete
  9. Gan, saya sudah menambah ram menjadi 6gb, yang sebelumnya di laptop saya hanya terpasang 2gb saja, lalu setelah saya menambahkan ram kok jadi lambat ya??
    mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama cek dulu apakah tipe PC RAM dan jenisnya sudah sama. kalau sudah sama, mungkin bermasalah pada windows experience index nya, karena belum di refresh hardware yang baru ditambahkan.
      silakan masuk ke properties computer.
      cara :
      windows explore > klik kanan Computer > pilih properties
      klik windows experience index di bawah logo windows > silakan refresh..

      Delete
  10. laptop ane acer aspire 4738z rencana mau tambah ram biar maen game ny lebih asik menurut agan gimana tolong pencerahanny

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. tapi yang namanya laptop mau improvisasi sejauh apa untuk mengikuti game yang semakin banyk beredar dan membutuhkan spek yang besar, akan kepentok juga, karena berbeda sama PC yang gampang di ganti2 pirantinya.

      Delete
  11. makasi gan, ane jadi gak ragu buat beli ram...
    buat mempercepat laptop ane, semoga semakin maju gan..

    oya Laptop ane Acer Aspire 4551-P321G32 Mnsk, ini DDR3 apa DDR2 gan..? [laptop tahun 20120], dibalas ya gan...

    info: OS windows 8.1 pro Ori

    ReplyDelete
  12. makasi gan, ane jadi gak ragu buat beli ram...
    buat mempercepat laptop ane, semoga semakin maju gan..

    oya Laptop ane Acer Aspire 4551-P321G32 Mnsk, ini DDR3 apa DDR2 gan..? [laptop tahun 2010], dibalas ya gan...

    info: OS windows 8.1 pro yang Ori

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dilihat pada spesifikasi laptop nya atau pada kepingan ram nya. saya tidak hafal.

      Delete
  13. gan ane mau nanya..
    saya punya pc yang ramnya ddr2 pc6400 1gb, kalau di tambah dengan ram ddr2 pc6400 2gb itu bisa ga..?

    thanks

    ReplyDelete
  14. Bagaimana cara mengetahui maksimum kapasitas RAM yg bisa dipasang?
    Laptop saya Vaio seri E14122CVB, 2GB DDR3 SDRAM PC3-12800 (1600 MT/s) (2GB x 1) itu pnjelasannya gimana ya?
    Apakah saya harus mengganti RAM yg ada atau tinggal ditambah RAM yg baru aja?
    Berapa kapasitas maksimal RAM yg bs ditambahkan?
    Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bisa dilihat di spesifikasi laptopnya. dimabah 2 gb lagi bisa atau diganti menjadi 4 gb bisa. sama saja.

      Delete
    2. pagi gan sya punya laptop acer asfre 4720z intel pentium dual-core T5250 ram ddr2 512 ada 1 keping.masih ada 1 selot lagi.trus sya ganti gan pake 2x2 gb.2 keping jadi 4 gb.satu keping nya 2gb.sudah terpasang 2 keping malah gak mau booting window gan.knapa ya.mita solusi nya gan.

      Delete
    3. mau di upragade ram malah gak mau botting os windows nya gan padahal udah di coba satu per satu bagus pas di pasngin 22 nya malah gak kuat klaw bios masuk gan tolong info nya tenk

      Delete
  15. foto ramnya kok gak sama yg ada di slot ya....

    ReplyDelete
  16. gan gak ngerusak garansinya kah ?
    folback YA thenyung.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada segel yang menutupi baut sekrup nya. itu bisa merusak garansi.

      Delete
  17. Mantap gan sekarang laptop saya jauh lebih cepat setelah ram saya ganti 4gb

    ReplyDelete
  18. terima kasih infonya Min,,, sangat bermanfaat,,, sukses untuk widanarta.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. nice info bro, tp ane mau tanya cara mengetahui berapa maksimal PC/laptop bisa membaca Memory RAM? terima kasih

    ReplyDelete
  20. GAn ane mao nanya,,laptop ane Acer 4352,,Ram ane DDR3 2GB,,ane mao beli ram lagi nih,,belinya yg merk apa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merk ga jadi masalah Bro, yang jadi masalah adalah Bro Enriko harus tahu kecepatan RAMnya. Seperti sudah di tulis di atas ada kecepatan PC8500, PC10600, PC12800, PC15000. Nah...RAM bro Enriko berapa kecepatannya? kalau sudah sama ya tinggal diganti saja. Kalau tidak salah untuk laptop bro Enriko kecepatan RAMnya adalah DDR3 PC10600. Silahkan cari yang sama seperti itu, jngan lupa cek maksimum kapasitasnya bisa baca samapi berapa GB RAMnya. CMIIW Bro Ian Widanarta. Semoga bisa membantu.

      Delete
    2. Terima kasih sudah membantu. :-)

      Delete
  21. mau tanya gan !!
    saya punya standar RAM 1 GB DDR3 Type PC8500, mau saya ganti menjadi 4 GB (dalam 1 slot), apakah bisa ditingkatkan dengan Type yang lebih tinggi dari PC8500.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi sebaiknya Tipe PC nya sama dengan PC8500 atau bawaan pabrik, hanya untuk menghindari sesuatu hal yang tidak diinginkan

      Delete
  22. mau tanya gan !!
    saya punya standar RAM 1 GB DDR3 Type PC8500, mau saya ganti menjadi 4 GB (dalam 1 slot), apakah bisa ditingkatkan dengan Type yang lebih tinggi dari PC8500.

    ReplyDelete
  23. Numpang nanya mas, laptop saya bawaan aslinya 2gb dan bisa diupgrade hingga 16gb. klau saya ganti ramnya dengan 2x4gb, apakah harus instal ulang dengan windows 64 bit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika motherboardnya bisa membaca sampai 4 gb pake 32 bit. maka tidak perlu diinstal ulang. sebaiknya dicoba dulu.

      Delete
  24. Laptop saya punya RAM 2gb, sering mengalami crash dump atau blue screen. Meskipun kadang-kadang juga normal seharian. Kecurigaan terbesar saya adalah masalah di RAM, karena ketika crash sering terdapat tulisan memory management dan bla bla bla... (bahasa Inggris panjang banget).
    Kalo misalnya benar ada kerusakan di RAM, apa yang sebaiknya saya lakukan? Apakah mengganti RAM atau menambahnya. Kalau saya tambah pada slot lain, apa gak merusak RAM yang baru? Tengkiu

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sarankan untuk dibawa ke service center untuk pengecekan lebih lanjut.

      Delete
  25. gan newbie mau tanya nih, kan slot ram ku ada 4 masih kosong semua.
    itu maksimal di tambah berapa gb ya gan ? trus kalau mau liat informasi maksimal ram yang bisa ditambah dimana ya gan ? thanks .

    ReplyDelete
  26. Misi gan, saya msh newbie mau upgrade ram tp masih bingung,, mau tanya nih :
    1. Cara mengetahui kecepatan/PC pada RAM mainboardnya belum ada memorynya ??
    2. Cara mengetahui RAM Single Channel, Dual Channel, atau Tripple Channel ??

    ReplyDelete
  27. wah terima kasih gan. saya jadi tahu, pengen nambah ram juga soalnya.

    oiya, bagi yang cari lowongan kerja gan. silakan kunjungi http://expocpnsbumn.blogspot.com
    semoga bermanfaat...

    ReplyDelete
  28. Gan mau tanya DDR3 PC 10600 SAMA DDR3 PC 10700 itu sama gk gan??

    ReplyDelete
  29. Mas mau tanya, klo menambah memori 4 gb 1 slot, dengan 2 slot 2x2 gb lebih enak mana, untuk memaksimalkan kinerja laptop

    ReplyDelete
  30. Gan Mau tanya nih..saya Punya laptop acer E1-421 dengan Spek.berikut:pros Amd E1-1200 APu with radeon Hd grafic 1.40 Ghz.Ram 2gb
    karna saya sering dan Suka sekali main game,saya sering instal game game berat dilaptop ini tapi sering Lag gitu load pun jadi lama.
    kalau saya ganti ram jadi 4 gb,kira kira laptop ini bisa UP ga buat ng-game?
    kalau pun diganti ram ada resikonya tidak?
    Mohon infonya!thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran ane sih...
      Sebelum instal game...
      Baca dulu spesifikasi minimum requirment itu game...
      Mulai dari CPU,VGA. Sama RAM...
      Buat main Game Berat RAM 2.3.4GB cukup kok...

      Kalau ane tebak sih..
      Game yang ente install itu spek yg di minta di atas spek laptop agan...

      Jadi intinya mah...
      Kalau mau main games di PC atau Laptop...
      Lihat dan baca spek game yg di minta....
      CPU. VGA/Graphics. Dan RAM.
      Terimakasih

      Delete
  31. Terima kasih Infonya Bro, izin ikut menerapkan ya. hehe

    Informasi Lowongan Kerja Terbaru BUMN, Persero, Swasta, & Berbagai Perusahaan Besar di Indonesia : expocpnsbumn.blogspot.com

    ReplyDelete
  32. gan, aku mau nambah ram di laptop azus ku semula seri 1GB PS3-10600 dan mau aku tambah ram dengan seri 2GB PS3-12800, bisa gak gan. makasih infonya

    ReplyDelete
  33. Terimkasih Gan infonya
    ini yang sedang saya cari-cari
    http://jellygamatgoldg31.com/obat-herbal-pengapuran-sendi/

    ReplyDelete
  34. Thank Gan infonya
    ini yang sedang saya cari-cari, sangat membantu (y)
    http://obatjellygamatgoldg.net/obat-sakit-maag/

    ReplyDelete
  35. gan kalo channel RAMnya nggak ke detek gimana ??
    mohon pencerahannya ?
    terimakasih !

    ReplyDelete
  36. tipsnya sangat membantu gan, ane juga mau mencoba tipsnya semoga aja berhasil. thanks gan ;)

    http://myapotekacemaxs.com/tips-agar-maag-tidak-kambuh/

    ReplyDelete
  37. Saya punya laptop bulan lalu saya tambah ram 2 gb jadi 4 gb di laptop. Kalo tambah ram lagi 2gb bisa nggak ?

    Sudah tambah ram tapi mozilla ngelang buat browsing buka 5 tab aja ngelang ?

    Mohon tanggapannya bantu saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mas ram 4 gb ngelag? bukan ram nya itu yg bermasalah mas, mngkin hdd nya o.O

      Delete
  38. Gan.., Saya mau Tambah Ram Laptop . Ram bawaan Laptop saya Sodimm-DDR3 Hyundai PC10700 2GB . jika saya tambah 2GB lagi dengan Spek Sodimm-DDR3 PC10600 2GB bisa gak, berjalan mulus??? Saya mau bikin Dual-Channel, dan saya pengguna Win 7 ultimate sp1 32 bit, saya tidak mau instal ulang ke 64 bit, karena banyak pripheral saya yg hanya suport 32 bit, seperti mesin cutting sticker, apakah ram Usable saya nanti kecil?? Contoh sekarang masih 2GB=1.78GB usable di system properties, tapi saya tidak tahu jika 4GB=berapa usable memory, soalnya krn Os 32 bit aja . Maaf kepanjangan gan, ane minta tolong ya gan . Terimakasih

    ReplyDelete
  39. Gan.., Saya mau Tambah Ram Laptop . Ram bawaan Laptop saya Sodimm-DDR3 Hyundai PC10700 2GB . jika saya tambah 2GB lagi dengan Spek Sodimm-DDR3 PC10600 2GB bisa gak, berjalan mulus??? Saya mau bikin Dual-Channel, dan saya pengguna Win 7 ultimate sp1 32 bit, saya tidak mau instal ulang ke 64 bit, karena banyak pripheral saya yg hanya suport 32 bit, seperti mesin cutting sticker, apakah ram Usable saya nanti kecil?? Contoh sekarang masih 2GB=1.78GB usable di system properties, tapi saya tidak tahu jika 4GB=berapa usable memory, soalnya krn Os 32 bit aja . Maaf kepanjangan gan, ane minta tolong ya gan . Terimakasih

    ReplyDelete
  40. Gan.., Saya mau Tambah Ram Laptop . Ram bawaan Laptop saya Sodimm-DDR3 Hyundai PC10700 2GB . jika saya tambah 2GB lagi dengan Spek Sodimm-DDR3 PC10600 2GB bisa gak, berjalan mulus??? Saya mau bikin Dual-Channel, dan saya pengguna Win 7 ultimate sp1 32 bit, saya tidak mau instal ulang ke 64 bit, karena banyak pripheral saya yg hanya suport 32 bit, seperti mesin cutting sticker, apakah ram Usable saya nanti kecil?? Contoh sekarang masih 2GB=1.78GB usable di system properties, tapi saya tidak tahu jika 4GB=berapa usable memory, soalnya krn Os 32 bit aja . Maaf kepanjangan gan, ane minta tolong ya gan . Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma 3 gb jadinya gan, kemarin saya coba. Ketika saya install ke 64 jadi 4 gb

      Delete
  41. kenapa laptop saya kalau dipasangi ram 4gb yang usable hanya 3.6 gb

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa itu mas.. selebihnya dipake untuk keperluan lain :D

      Delete
  42. KUNJUNGI BLOG :
    jonata22.blogspot.com
    GUDANG ILMU COMPUTER

    ReplyDelete
  43. Gan ,ram saya sekarang 1gb ddr3 dual channel ,saya mau upgrade ke 4gb saja , jadi ada ga ram 3gb .? 1+3=4gb gt loh...

    ReplyDelete
  44. permisi mas .. Ram laptop saya 2gn .. saya tambah ram 2Gb lagi .. tapi tampilan di propertinya masih 2gb ya ??? apakah Ramnya ndak kedetel atau bagaimana ya ? mohon infonya ..

    ReplyDelete
  45. hadir gan orang baru,,,,cuma lihat aza bolh kan?....ini ilmu yg sangt bermanfaat buat aq dan semuanya gan,,,siiip deh ilmun IT nya

    ReplyDelete
  46. mas mau tanya donk kalau ram ddr3 4gb12800 (800mhz) sama ddr3 8gb 12800 (1600mhz), itu speknya sudah sama apa belum ya soalny mhz nya beda,
    maaf nubi
    trimakasih

    ReplyDelete
  47. Ijin tinggal jejak :v

    Gambang rupanya saya kira harus bongkar mesin lagi :v

    ReplyDelete
  48. Terimakasih informasinya, semoga bermanfaat. tambah lagi gan infonya

    visit : http://www.rajalistrik.com

    ReplyDelete
  49. mas kalo ane baca di cpu z laptop ane itu single channel,nah itu bisa ditambah ram nya gk gan ?

    ReplyDelete
  50. ini artikel yang saya cari, terima kasih ya gan sangat bermanfaat buat saya.!

    ijin share ya maaf
    http://www.herbalonlinetop.com/2015/09/obat-tradisional-untuk-sakit-kencing-manis.html

    ReplyDelete
  51. Setelah mengecek laptop saya dengan CPU-Z dan terlihat "Channel # = Single" pada bagian Memory, tetapi pada bagian SPD terdapat dua pilihan slot. Pada slot 1 tidak ada keterangan apa-apa dan pada slot 2 terbaca keterangan RAM yang saat ini terpasang. Apakah laptop saya hanya bisa memasang RAM di satu slot saja? RAM yang saya gunakan 4GB DDR3 PC-12800 dan saya ingin meng-upgrade ke 8GB. Apakah saya harus membeli RAM 8GB yang baru? mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
  52. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  53. mohon bimbingannya gan,ane baru upgrade ram beda merk ama beda kapasitas,ram ori 2gb,coba upgrade 1gb,jadi 3gb,setelah saya upgrade,dan coba cek,black screen,bios tidak berjalan,os tidak muncul? tolong bantuannya gan......

    ReplyDelete
  54. gan ane mau cari solusi buat laptop ane compaq 515, ane sering matiin dengan menekan tombol power selama 5 detik/ illegal shutdown, terus laptop ane bisa idup tapi cuma kipas laptop sama lampu indikatornya doang. Nah sedangkan monitornya tetap mati. Mohon solusinya dong gan, terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  55. gan, kalo nambah ram dari 4GB ke 8GB apa aja yg perlu diperhatiin ?

    ReplyDelete
  56. Gan niatan mo up ram ane buka ram tanpa ngelepas batterai nah skrng notebook jd gk nyala pas power on sih kipas nyala cma lcd tetep blank. Apa ram ane yg jebol atw ada kmungkinan yg lbih parah? Mohon bantuan nya

    ReplyDelete
  57. Gan,gw kan mau upgrade ke 2gb ram gw nih pas gua pasang yg 2gb gabisa nyala tapi pas pake ram yg 1gb(dari pabrik)bisa nyala. Gmn nih?

    ReplyDelete
  58. Gan,gw kan mau upgrade ke 2gb ram gw nih pas gua pasang yg 2gb gabisa nyala tapi pas pake ram yg 1gb(dari pabrik)bisa nyala. Gmn nih?

    ReplyDelete
  59. fan mau nanya Laptop ku Windows 8.1 64 bit saya mau nembak RAM yang diambil dari laptop lama setelah dipasang RAM nya tidak bertambah sedikitpun padahal jenis RAM nya sama
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  60. gan mau nanya Laptop ku Windows 8.1 64 bit saya mau nambah RAM yang diambil dari laptop lama setelah dipasang RAM nya tidak bertambah sedikitpun padahal jenis RAM nya sama
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  61. ternyata kyk kmpter destop juga ... mksh infonya jadi mau ganti ram juga

    ReplyDelete
  62. Z pux laptop Ram DDR3 2 GB PC 10600 tp Z mw ganti DDR3 4gb PC 12800, kira2 ap Dampakx Gan klw bda PC ? Trima kasih.

    ReplyDelete
  63. Z pux laptop Ram DDR3 2 GB PC 10600 tp Z mw ganti DDR3 4gb PC 12800, kira2 ap Dampakx Gan klw bda PC ? Trima kasih.

    ReplyDelete
  64. Mas laptop saya toshiba c840 kalau mau di tambah ram 2GB kira kira bisa nggak mas

    ReplyDelete
  65. Gan mau nanya dong
    Apakah ram PC3 8500 support dengan 12800?

    ReplyDelete
  66. mau nanya Bang laptop asus x455l cocoknya pake ram merk apa yah?

    ReplyDelete
  67. makasih gan infonya :)


    Sekarang Isi Voucher Pulsa / Token PLN jadi lebih mudah dilakukan via ONLINE. Bisa kapan dan dimana saja , tinggal klik - bayar - sukses. Gak Percaya ? , coba sekarang juga di www.serbabayar.com Beli Online Itu Mudah.

    ReplyDelete
  68. Wahh kalo laptop cuma ada 1 slot tambahan yaa? Kirain ada 2 slot kosong

    ReplyDelete
  69. Gan kok saya pas masang ram baru dan ngeganti yg lama pas dinyalain kok bluescreen trus mati gimana tuh gan?

    ReplyDelete
  70. Laptop saya asus x550jx,core i7, nvidia gforce gtx 950m, ram nya cuman 4gb, mau upgrade ram jadi 12gb, tqpi masalahnya ada segel garansi yang nutupin baut. Nah apakah kalo pasangnya ditempat saya beli garansi nya masih berlaku?tolong jawabannya

    ReplyDelete
  71. Mas kalau ram bawaan laptop itu diganti ram lain itu ngefek gak mas
    Itu aja terima kasih :D

    ReplyDelete
  72. Gan ram bawaan laptop ane kn 2gb os nya 32bit. Misal saya mau nmbah ram nya 8gb apakah harus up ke os 64bit?

    ReplyDelete
  73. cara pasang di acer E1 410 gimana ya gan ? saya bingung karena tempat penyimpanan ram nya nggak ketemu

    ReplyDelete
  74. Gan laptop acer 4730z bisa ditambah sampe berapa gb ramnya,makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  75. Gan, barusan saya masang ram 2 gb ddr dan ram bawaan laptop saya 2gb tetapi yg terbaca cuma 2 gb gan, solusinya kyk apa??

    ReplyDelete
  76. Gan td saya bca ad tentang maksimal memo yg digunakan, itu cara tauny gmna ??? Mohon infonya

    ReplyDelete
  77. Gan bisa ga RAM yg pake 8 IC di ganti dgn 16 IC, dgn tipe dan speks yg sama DDR 2 PC2-6400
    Laptop Acer emachines D725, mohon info.

    ReplyDelete
  78. Gan. Ane mau pasang Ram DDR3 -pc12800 1 keping dan 2 Keping DDR3 -pc12800U . Masalah ngga gan?.

    ReplyDelete
  79. Thanks ya... info'a bermanfaat..
    Abis upgrade ram dari 4gb ke 8gb..
    Awalnya gak ke detect... eh ternyata salah cara pasang.. hahaha
    Thanks brooo...
    Pencerahan sekali...

    ReplyDelete
  80. Kalo ram di laptop saya pc3-10700 kalau mau nambah ram yng tipe pc 10600 gimana gan?

    ReplyDelete
  81. Kalo ram di laptop saya pc3-10700 kalau mau nambah ram yng tipe pc 10600 gimana gan?

    ReplyDelete
  82. kalo mau brandwitchnya beda ramnya bisa diganti ga? di laptop saya itu ddr3 pc3-12800(800Mz) terus saya mau beli yang ddr pc3-12800(1600Mz) bisa ga? tolong pencerahan

    ReplyDelete
  83. Permisi suhu numpang tanya masalah penambahan ram. Ram support laptop ane DDR3 PC3-12800 (single channel) dengan max bandwith (800Mhz) kira-kira kalo ane tambahin ram dengan tipe ram DDR3L PC-10600, kompatibel atau engga? dan seandainya kompatibel kira-kira itu jadi masalah tersendiri dan nurunin kinerja laptopnya ga?
    mohon pencerahannya suhu :v

    ReplyDelete
  84. Permisi suhu numpang tanya masalah penambahan ram. Ram support laptop ane DDR3 PC3-12800 (single channel) dengan max bandwith (800Mhz) kira-kira kalo ane tambahin ram dengan tipe ram DDR3L PC-10600, kompatibel atau engga? dan seandainya kompatibel kira-kira itu jadi masalah tersendiri dan nurunin kinerja laptopnya ga?
    mohon pencerahannya suhu :v

    ReplyDelete
  85. min mau tanya nich klw laptop acer one 14 Z1402-37W3,, ada berapa ya slot ramnya

    ReplyDelete
  86. Kalo ram 8 gb di pasang di pada 1 slot saja bisa jadi gan?

    ReplyDelete
  87. Gan mau nanya emang bener yah ada laptop yang gabisa tambah ramnya juga karena gaada tempatnya? Bener atau salah gan?

    ReplyDelete
  88. terimakasih,membantu sekali dan bermanfaat bagi semua pengguna laptop :)
    sewalaptop.id
    http://rentalsewalaptop.info/blog/unbk-mulai-di-berlakukan-di-seluruh-daerah-di-indonesia/

    ReplyDelete
  89. Kenapa laptop saya lelet bngat RAM nya 2 GB...itunya 32 bit ???apa karena ram nya kurang?

    ReplyDelete
  90. gan laptop saya Acer one 14 ram merk apa saja yg compatible dengan merk laptop saya? *terimakasih banyak

    ReplyDelete
  91. Saya sudah menambah ram saya 2GB
    Dan ram bawaan saya 4GB
    Tp setelah semua terpasang kok di berubah ya pada systemnya di interfacenya ? Mohon d balas terimakasih :)

    ReplyDelete
  92. Gan mau nanya ni , ram bawaan laptop ane kan " 1GB 2Rx8-5300" mau nambah dengan yang "2GB 2Rx16-6400" bisa tidak gan , mohon penjelasannya.

    ReplyDelete
  93. Gan apakah processor di pc bisa dikanibalkalkan dengan laptop

    ReplyDelete
  94. Gan kalo notebook sama gk cara instalasinya?

    ReplyDelete
  95. misi mau tanya apa setelah di tambah ram tidak perlu di partisi?

    ReplyDelete
  96. misi mau tanya apa setelah di tambah ram tidak perlu di partisi?

    ReplyDelete
  97. Nanya
    Ne laptop adek aq,asus x45u amd E2-1800. 1,7ghz
    Dual core ram 2gb apabisa di up menjadi 4gb gan,,,
    Tolong info nya,,,

    ReplyDelete
  98. Cara mendapat Gratis voucher potongan 75rb belanja di Lazada/Bukalapak (Kredivo)
    Ikuti step2 berikut ya, jangan sampai salah!
    1. Download aplikasi kredivo di playstore
    2. Daftar > pilih pembayaran 30 hari paling atas > pilih beli barang hingga Rp. 3.000.000 > verifikasi facebook. (NAMA FB DAN NAMA DI KTP HARUS SAMA)
    3. Pekerjaan isi Paruh Waktu, Gaji isi 4jt , sudah bekerja 24 bln.
    4. Upload foto ktp & hubungkan Gmail.
    5. Isi kode referal : muha18uj
    (syarat dapet 75rb bonus free) kalo gak isi reff muha18uj gak akan dapat 75rb.
    6. Lengkapi alamat tinggal
    7. Selesai, tinggal nunggu ACC via SMS. Selama PROSES VERIFIKASI, JGN LOGOUT AKUN ATAU HAPUS APLIKASI KREDIVO.
    8. Kalo udah di ACC, dapet limit kredit min 1jt, saya ga pake limit nya, cuma manfaatin bonus reff aja yg 75rb free tadi.
    9. Belanja pilih merchant, bisa pilih Lazada/Bukalapak. Bisa juga di pake untuk beli pulsa.
    10. Belanja genapin aja 75rb atau kurang dari 75rb, kalo lebih ntar sisa bayar nya motong limit kredit. Jadi kita harus bayar sisanya via indomaret atau tt ke rekening yg dikasih.

    ReplyDelete
  99. Tapi kalo leptop w make baterai tanam gimana bro?

    ReplyDelete
  100. Tapi kalo leptop w make baterai tanam gimana bro?

    ReplyDelete
  101. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  102. bng saya minta gambar nya, buat panduan saya beli ram leptop

    ReplyDelete
  103. Agen Bola Sbobet | Agen Judi Casino | Sabung Ayam Terpercaya

    Agen Taruhan Judi Online Terbaik, Aman Dan Terpercaya Tunggu Apa lagi ?
    Yuk Gan Gabung Bersama Bolacasino88.com

    Pelayanan Yang Professional Dan Ramah
    Di Jamin 100% Tidak Adanya BOT Dan ADMIN.

    - Daftar GRATIS
    - Minimal Deposit 20.000
    - Minimal Withdraw 50.000

    Dapatkan Hot Promo Yang Kami Berikan :

    - Bonus Deposit 5000
    - Bonus Refferal Seumur Hidup
    - Bonus Sportsbook 100%
    - Cashback Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Deposit Games 10%
    - Cashback Games 5%
    - Bonus Komisi Casino 0,8%

    NB : Syarat Dan Ketentuan Berlaku

    Nikmati 1 ID Untuk Semua Games Seperti :

    - Sports
    - Live Casino
    - Togel
    - Poker
    - Slot Games
    - Nomor
    - Financial
    - Sabung Ayam

    Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Di :

    - Live Chat 24 Jam Online
    - No Tlp ( +855962671826 )
    - BBM ( 2BF2F87E )
    - Yahoo ( cs_bolacasino88 )
    - Skype ( bola casino88 )
    - WhatsApp ( +855962671826 )
    - Twitter ( @bolacasino88 )
    - Instagram ( bolacasino88 )

    ReplyDelete
  104. Oma laptop saya ram nya 2 gb ingin tambah 4 gb. Apakah bjsa

    ReplyDelete
  105. Klu ram yg menggunakan ddr4 bisa tidak di tambah ramnya? Respon y

    ReplyDelete
  106. Kalau laptop asus x453s bisa diupgrade apa engga ram nya .. Waktu saya bongkar hardwarenya menyatu semua

    ReplyDelete
  107. Bro laptop ane kan thosiba satelite 740 i3.. Ram bawaanya 2 gb mau ditambahkan 4gb aman ga? Buat render video soalnya makasih

    ReplyDelete
  108. Bro laptop ane kan thosiba satelite 740 i3.. Ram bawaanya 2 gb mau ditambahkan 4gb aman ga? Buat render video soalnya makasih

    ReplyDelete
  109. UnknownOctober 21, 2017 at 11:28 PM
    Bro laptop ane kan thosiba satelite 740 i3.. Ram bawaanya 2 gb mau ditambahkan 4gb aman ga? Buat render video soalnya makasih

    ReplyDelete
  110. Selamat malam, laptop saya acer aspire 4752 intel core i3 2350M, ram 2 gb, penyimpanan 320 gb, saya ingin menambah ram menjadi 4 gb atau lebih karna tujuan saya adalah akan meng upgrade ke win 10 supaya lancar, kira2 dari jenis laptop saya ini ram sprt apa yg harus saya beli? Agar tidak sia2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung laptop agan..kalau yang satu misalnya ddr3 ,maka agan juga harus beli yang ddr3..

      Delete
  111. Malam om , laptop saya asus x452E series amd HD 8200 dual core
    Ram bawan ny 2gb kalau di tambah ram yang 4gb =total 6gb kira bisa engga yah ,kuat ga ,ke baca engga ama procesor nya ?

    ReplyDelete
  112. Agan2, ane mw nnya. Laptop acer one 14 z1402 c1ru slot ram nya ad brapa sih sbenarny? 1/2? Soalny ps saya cek di task manager(tsk manager>performance>memory>slot used) slotny ada 2(slot used:1 of 2), tpi ps saya bongkar laptopny, trnyata slotny kok cmn ada 1 ya? Mhon pncerahanny

    ReplyDelete
  113. Terima kasih atas infonya gan, sekarang saya bisa menambah ram laptop saya sendiri.

    Jangan lupa juga kunjungi blog saya, terdapat pengetahuan tentang beberapa Hardware di
    http://alvianandersen.blogspot.com

    Dan jangan lupa juga kunjungi website kampus saya di
    http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  114. gan.. btw.. RAM yg diatas dicopot dulu? ato langsung pasang?

    ReplyDelete
  115. Py saya barusan tak tambahin ram 8GB dari awalnya 4GB menjadi 12 GB.
    sony vaio core i5 dg jenis RAM DDR3 pc3-12800.
    Kinerjanya agak enteng dan lebih cepet

    ReplyDelete
  116. saya memasang ram 4gb dan menyalakannya seperti biasa, tapi setelah di lihat masih 2gb, gimana tuh gan?

    ReplyDelete

PERMALINK

Anda sedang membaca Artikel Pustaka IPTEKKES. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat Link : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

<a href="http://widanarta.blogspot.com/" target="_blank" title="http://widanarta.blogspot.com/"><b>http://widanarta.blogspot.com/</b></a>

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya.
Assalamu 'alaikum Warahmatullah.