Monday, March 4, 2013

Home » , , , , » Cara Mengganti Baterai CMOS Laptop

Cara Mengganti Baterai CMOS Laptop

Sobat Pustaka IPTEKKES. Apakah kamu pernah mangalami pengaturan waktu pada komputermu kembali ke defaultnya, sehingga kamu harus mengatur ulang selalu tiap kali menyalakan komputer dan akan browsing ke internet. Karena komputer kamu disangka tidak bersertivikasi valid alias expired. Itu berarti tanda bahwa baterai CMOS pada komputer sudah lemah atau habis. Biasanya ini terjadi dalam kurun waktu 3-5 tahun pemakaian laptop baru, baru baterai CMOS habis. Maka dari itu perlu segera diganti.

Baterai CMOS (Complementary metal–oxide–semiconductor) disebut juga CMOS RAM atau hanya CMOS adalah sebuah baterai yang digunakan oleh BIOS untuk tetap aktif meski tanpa aliran listrik. Salah satu kegunaannya untuk mengaktifkan dan menjalankan fungsi jam, serta menyimpan setting BIOS, dan umumnya memakai baterai kancing (Baterai bulat yang pipih, diameter dan ketebalannya bervariasi).


OK deh, singkat saja penjelasanya mengenai CMOS. Perlu saya beritahu sebelumnya, Laptop yang saya ganti baterai CMOS-nya ini adalah Compaq Presario CQ40. Lansung saja ini dia cara mengganti baterai CMOS pada laptop :

1. Cabut semua aliran listrik yang masih mengalir ke laptop termasuk lepas baterai laptop...




2. Buka penutup baterai CMOS pada bagian bawah laptop tepatnya disamping tempat baterai. (setiap laptop memiliki tempat yang berbeda-beda, ada yang harus sampai bongkar body laptop seperti Axioo, baru bisa melepas baterainya.)


3. Jika sudah terbuka, maka akan terlihat baterai CMOS laptop yang terbungkus plastik hitam dengan kabel merah hitam.


4. Cabut kabel baterai dari konektonya sehingga terlepas seperti gambar dibawah ini.





5. Untuk langkah ini ada 2 opsi yang ada. Pertama beli paketan baterai CMOS yang sudah terbungkus seperti pada gambar, atau yang kedua membeli isi baterai nya dan mengganti sendiri.


6. Jika Sobat memilih opsi yang pertama, maka anda tinggal membeli paket baterainya di HP center dan tutorial berhenti disini. Perlu saya informasikan harganya adalah Rp150.000,00. Tinggal colokan baterai yang baru tanpa harus susah mengganti isi baterai, tapi dengan harga baterai yang relatif sangat mahal..


7. Tapi jika anda memilih opsi kedua, maka tutorial ini akan berlanjut. Dan langkah selanjutnya adalah membuka pembungkus plastik baterai untuk mengambil baterainya seperti gambar dibawah ini.
Isi baterai CMOS di pasaran hanya Rp 2.000,00 saja. Ingat, sebaiknya baterai baru yang digunakan sama seri dan dayanya dengan baterai yang sebelumnya, yaitu CR2032.




8. Cara melepas baterainya dari besi pengait itu adalah dengan cara di blower / dipanaskan dulu baru bisa lepas.

9. Setelah lepas. Pasang baterai yang baru dan Blow lagi untuk merekatkan.

10. Bungkus baterai yang sudah diganti tadi dengan isolasi hitam untuk merapikanya.


11. Setelah terbungkus rapi, colokan kembali pada slot baterai CMOS pada laptop Sobat.. Tutup kembali body laptop, dan nyalakan seperti biasa.



12. Cara sederhana untuk mengecek baterai berfungsi atau tidak adalah dengan mengecek waktu dan  penanggalan yang telah di atur lagi. Apakah kembali ke waktu yang lama atau waktunya berlanjut, setelah komputer dimatikan beberapa saat.


Demikian informasi dari saya tentang Cara Mengganti Baterai CMOS pada Laptop. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba...Good Luck...


Ditulis Oleh : Unknown | Pustaka IPTEKKES

Dian Widanarta Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengganti Baterai CMOS Laptop. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat link dibawah ini sebagai sumbernya : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya. Assalamu 'alaikum Warahmatullah.

5 comments:

  1. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja Bank BTPN Syariah

    ReplyDelete
  2. blognya bagus gan, thanks infonya saya juga punya tips nih buat kalian kalian
    blog.zapplerepair.com

    ReplyDelete
  3. hai kak, selamat beraktifitas.. artikelnya menarik kak, bermanfaat sekali. oh iyaa,, saya juga mau kasih tau info menarik nih kak coba deh klik => SERVICE MACBOOK IMAC MAC PRO IPHONE IPAD IPOD DI BANDUNG JAKARTA TANGERANG

    ReplyDelete
  4. Artikel yang menarik ... tapi saya juga punya info menarik, jika iPhone Anda mengalami kerusakan karena sesuatu hal? Tak perlu khawatir, karena Anda bisa percayakan perbaikan iPhone Anda kepada SINYALITI Apple Service.
    Sinyaliti melayani perbaikan semua tipe iPhone di tempat, pesan sekaligus antar spare-part, dan berbagai macam layanan lain mengenai semua tipe iPhone.

    Selain datang langsung ke workshop Sinyaliti, Anda juga bisa menggunakan jasa panggilan atau door-to-door atau layanan “Service Panggilan”, sehingga sangat memudahkan Anda.
    Silahkan kunjungi SINYALITI.com untuk mendapatkan layanan service panggilan dan harga terbaik, yang bisa Anda hubungi di nomor 0812 9008 5435.

    Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi Sinyaliti Apple Service sekarang juga, dan buktikan sendiri kinerja yang dilakukan. Dengan Sinyaliti Apple Service, iPhone kesayangan Anda dijamin dapat berfungsi kembali.

    ReplyDelete
  5. Gan kalo batre cmos kebalik gimana gan?
    Gan boleh minta foto pasangan cmos yang jelas boleh enggak gan?

    ReplyDelete

PERMALINK

Anda sedang membaca Artikel Pustaka IPTEKKES. Anda dapat menyebarluaskan Informasi Terbaru dari Pustaka IPTEKKES tersebut agar dapat memberikan manfaat untuk kita semua, namun jangan lupa menyertakan alamat Link : http://widanarta.blogspot.com/ atau tekan Ctrl + D untuk Bookmark Homepage kami. Atau Copy Paste kan kode berikut pada postingan anda :

<a href="http://widanarta.blogspot.com/" target="_blank" title="http://widanarta.blogspot.com/"><b>http://widanarta.blogspot.com/</b></a>

Jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan tentang artikel diatas, masukan komentar anda dibawah. Bisa jadi salah tulis, atau ada yang kurang dari tulisan tersebut. Kami hanya menerima komentar yang membangun.

Terimakasih atas kunjungannya.
Assalamu 'alaikum Warahmatullah.